4 Siasat Sukses dalam Bisnis Musiman

penggermar minuman coklat mucho

Muchomania.com – Sukses dalam membuka bisnis musiman, perlu disiasati dengan beberapa hal. Karena Indonesi dikenal dengan letak geografis yang beragam, maka ada beberapa fenomena-fenomena pada waktu tertentu. Musiman di sini artinya seperti musim penghujan, musim puasa, musim lebaran, musim kemarau, musim liburan dan musim lain-lainnya.

kiat sukses bisnis musiman

Musim-musim tersebut memiliki keunikkan tersendiri, misalnya ketika musim hujan orang cenderung akan menghindari minuman dengan es dan lebih memilih minuman yang hangat/panas. Tetapi ketika musim kemarau tiba, semua orang ingin menikmati minuman yang serba es untuk menghilangkan dahaga mereka.

 

Bagi pelaku usaha, ini adalah sebuah peluang yang manis. Keadaan ini sangat membawa keberuntungan, karena apa yang dibutuhkan seorang konsumen kita sediakan. Namuun ada juga pebisnis yang tidak mau mengambil risiko, karena bagaimanapun bisnis musiman memiliki kelemahan dan tantangan hingga pebisnis memilih untuk cari aman dengan berbisnis reguler, seperti pada umumnya.

 

Adapun salah satu kelemahan dari bisnis musiman, omzetnya tidak berkelanjutan karena ketatnya persaingan dan perubahan masyarakat yang mengikuti arus modern. Walaupun demikian, bisnis musiman bukan berarti bisnis yang harus ditinggalkan atau sama sekali tidak menjanjikan. Bisnis ya bisnis, ada tantangan, hambatan, peluang, dan kerja cerdas untuk meraih sebuah kesuksessan. Maka gunakan trik cerdas, agar bisnis musiman yang kita jalankan bisa langgeng seperti:

 

1. Menginovasi dan produktif selalu

Namanya juga bisnis musiman, berarti bisnisnya hanya pada waktu-waktu tertentu saja, omzetnya juga tidak bekelanjutan tetapi bagaimana caranya, seorang pebisnis harus bisa mempertahankan bisnis musiman jadi lebih dibutuhkan. Pebisnis cerdas pastinya memiliki segudang solusi, untuk mengatasi. Berinovasilah dengan pengembangan produk yang kita miliki, sehingga bisnis kita tidak lagi menjadi bisnis musiman namun, bisnis yang fleksibel walaupun perubahan zaman terus berlangsung.

 

mucho-cantik

 

2. Konsistensi dalam bekerja

Fakta umum yang ada di Indonesia ialah, jika satu dan beberapa orang membangun bisnis kemudian berhasil, pebisnis lain akan mengikutinya juga. Persaingan yang ketat akan terjadi, maka jangan sampai bisnis yang musiman ini kalah dengan bisnis reguler. Konsistensi dalam bekerja harus tetap dipertahankan dan semakin diniatkan. Jangan mentang-mentang bisnis musiman, banyak konsumen yang berlangganan anda berleha-leha. Tetap atur strategi dan kerja cerdas, kompetitor banyak mengelilingi maka anda harus tetap konsisten.

 

3. Menjaga kualitas dan perkuat Brand

Walaupun bisnis yang kita jalani adalah bisnis musiman, meski musimnya akan berakhir jangan sampai anda menurunkan kualitasnya. Rejeki adalah rahasia langit, maka tetap pertahankan kualitas, jangan sampai satu dua konsumen kecewa, karena ini bisa jadi bumerang untuk bisnis kita. Waspada untuk menjaga kualitas dan brand. Mau pembeli tidak ada, satu atau ribuan pun, kualitas dan pelayanan harus dijaga dengan baik agar bisnis kita bisa bertahan lama.

 

4. Memaksimalkan momen

Bisnis musiman terkendala dengan waktu, bagaimana waktu yang terbatas ini bisa kita maksimalkan dengan sangat baik. Bisa jadi kesempatan tidak akan datang berkali-kali bukan? Maka mainkan peran dengan baik dan manfaatkan moment dengan sepenuh hati, karena apa yang dikerjakan dengan hati akan melebihi apa yang kita perkirakan.

 

Baca juga :

Keruk Keuntungan Dari Waralaba Minuman Coklat Mucho

4 Siasat Sukses dalam Bisnis Musiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali ke Atas