Categories: Artikel

Pengen Kiat Menabung? Coba Lakukan 5 Trik Ini

Muchomania.com –  Menabung bisa dibilang susah-susah gampang sih. Kadang sudah niat menabung tapi tau-tau rekening tabungan di akhir bulan malah tipis, bukan begitu?

Anda mungkin sering menemui hal seperti ini: Begitu ingin menyisihkan uang untuk tabungan hari depan atau keperluan yang lebih penting di masa mendatang, tetapi yang terjadi justru penghasilan hampir selalu ludes entah untuk konsumsi atau keperluan lain.

Kadang kita bersemangat untuk menabung atau menyisihkan penghasilan kita, namun terkadang saat menjalankannya kita lupa pada prinsip menabung kita. Nah, bagaimana kiat supaya kita bisa menabung? Jangan khawatir, Anda mungkin perlu menerapkan trik-trik ini:

1. Buatlah sistem otomatis

Cocok bagi Anda yang kesulitan mengatur keuangan sendiri terutama jika Anda hobi belanja. Maka dari itu, agar supaya Anda bisa menabung, Anda perlu membuat sistem penabungan otomatis.

Caranya? Biasanya di rekening penerimaan gaji atau pendapatan, Anda bisa setel transfer otomatis ke rekening tabungan. Hampir semua produk bank memiliki fitur ini. Jadi, Anda tak perlu khawatir melewatkan kewajiban menabung Anda. Misal, Anda mendapat gaji tanggal 1 setiap bulan, maka setel saja autodebet setiap tanggal 5 ke rekening tabungan atau investasi Anda.

Getty Images | Andy Roberts

2. Sembunyikan uang Anda

Apa ini maksudnya? Cara lain agar Anda bisa menabung uang yaitu jangan biarkan Anda ingat bahwa Anda memiliki uang tersebut. Sembunyikan di suatu tempat! Sembunyikan di sini berarti tempatkan uang Anda di suatu tempat yang tidak mudah Anda ambil atau yang sekiranya dapat membuat Anda ribet untuk mengambilnya sehingga Anda malas untuk mengambilnya.

Misalnya, rekening penerimaan gaji atau pendapatan Anda adalah di rekening bank ABC, maka itu Anda perlu membuka rekening lagi di bank XYZ sebagai tempat menaruh dana khusus tabungan Anda. Pastikan rekening khusus tabungan dari bank XYZ ini tak memiliki kartu debit atau ATM, atau jika ada ATM lokasinya sangat jarang.

Dengan begitu, Anda bisa sulit tergoda untuk mengambil tabungan ini untuk keperluan yang kurang penting.

3. Buat Alokasi dan Berilah Nama

Anda buat alokasi atas penghasilan yang Anda dapat, misal 30/20/50, misal 30% untuk tabungan, 20% jajan, 50% untuk kebutuhan sehari-hari. Dan jangan lupa berikan nama untuk alokasi tabungan Anda.

Ini akan membantu Anda secara psikologis menandai tujuan awal Anda menyisihan uang. Misal, Anda menabung untuk persiapan dana menikah atau menabung untuk kebutuhan uang pangkal sekolah anak. Namai saja akun tabungan Anda dengan keperluan tersebut.

Dengan memberinya nama, paling tidak saat tergoda hendak mengambil atau mencairkan dana tabungan tersebut, Anda diajak untuk berpikir dua kali; “Yakin mau mengambil uang persiapan sekolah anak?”

Getty Images | Tetra Images

4. Kunci Tabungan Anda

Ini salah satu cara yang cukup efektif untuk membantu Anda mempertahankan tabungan, yaitu dengan Mengunci Dana Tabungan Anda.

Ada beberapa cara yaitu bisa melalui produk deposito bank atau produk tabungan rencana yang banyak tersedia di bank. Saat ini sudah cukup banyak produk deposito online yang dapat Anda jadikan fasilitas menyimpan dana.

Caranya? Anggaplah setiap bulan Anda dapat menyisihkan uang Rp 1,5 juta. Ketika kelak sudah terkumpul Rp 5 juta misalnya, silakan pindahkan dana tersebut ke akun deposito berjangka.

Cara lain, manfaatkan tabungan rencana yang biasanya bisa menarik dana tabungan secara autodebet sekaligus bisa juga mengunci dana Anda selama periode tertentu.

5. Jadikan Aset Riil

Beberapa orang terkadang sulit melihat uang “menganggur” di rekening mereka. Akhirnya, uang yang semula berniat disisihkan ikut terpakai. Anda mengalami hal ini juga?

Bila demikian, Anda akan kesulitan memiliki tabungan yang Anda targetkan. Supaya tidak mudah membelanjakan uang yang seharusnya Anda sisihkan, Anda juga dapat mengubah uang yang ditabung tersebut menjadi aset riil.

Misalnya, emas. Sekarang sudah cukup banyak produk tabungan emas yang dapat Anda manfaatkan. Anggaplah Anda bisa menyisihkan Rp 1 juta setiap bulan, Anda bisa langsung menjadikan uang senilai itu menjadi emas batangan atau ke dalam investasi tabungan emas.

Mengubah uang menjadi aset riil juga memperkecil kemungkinan Anda untuk langsung memakainya dalam berbelanja. Apabila tabungan sudah dalam wujud emas, paling tidak Anda perlu usaha lebih ketika ingin mencairkannya menjadi uang.

 

Begitulah kiat – kiat supaya Anda giat menabung. Semoga dapat membantu realisasi program menabung Anda.

 

Header image: focal point/shutterstock
Referensi: ekonomi.kompas.com.

This post was last modified on 01/28/2019 10:03 am

Webmaster

Share
Published by
Webmaster

Recent Posts

Resep Simpel Membuat Es Kopi Susu Kekinian di Rumah

Bagaimana resep membuat Es Kopi Susu Kekinian di rumah? Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, saat ini es…

3 minggu ago

6 Peluang Usaha Baru Paling Hits 2019 yang Perlu Banget Kamu Coba!!

Bagi kamu-kamu semua terutama para milenial yang pengen mengembangkan usahanya sendiri tapi masih bingung untuk terjun ke bidang apa, kami…

2 bulan ago

Merayakan Lebaran? Ini 6 Menu Makanan Lebaran Idul Fitri

Muchomania.com - Lebaran terutama bagi kaum Muslim merupakan hari yang spesial. Makanan dan menu di saat lebaran pun juga spesial.…

3 bulan ago

Buka Usaha di Bulan Puasa? Bisa Coba 5 Usaha Ini

Bulan Puasa sudah di depan mata. Bulan Ramadhan hampir tiba, bulan di mana umat muslim melakasanakan ibadah puasa hingga kurang…

4 bulan ago

Berbagai Usaha Kecil Menguntungkan 2019

Saat ini mulai banyak yang mencari tambahan pendapatan dengan menjalankan usaha kecil menguntungkan 2019. Usaha kecil dan menengah kian tumbuh…

4 bulan ago

5 Franchise Minuman yang Lagi Hits

Dunia usaha kian beragam, mulai dari usaha kuliner, fashion, jasa, dan lain sebagainya. Salah satu sektor usaha yang tengah trend…

5 bulan ago