Mau Buka Kedai Minuman Kekinian, Simak Ini Dulu

kedai minuman kekinian

Mucho. Jika Anda berniat untuk membuka kedai minuman kekinian tapi masih bingung harus mulai dari mana? Nah, Sebelum Anda membuka Kedai Minuman, apa sih kira-kira yang perlu dipersiapkan?

Usaha minuman lagi-lagi memunculkan produk yang booming. Jika dilihat ke belakang, usaha minuman ini seakan tumbuh dan saling berganti. Mulai dari Pop Ice, Nyoklat, Mango Thai Tea, hingga Es Kopi Susu kekinian yang kini ada di mana-mana.

Persiapan Untuk Buka Kedai Minuman Kekinian

Mungkin Anda masih belum mengerti apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memulai usaha minuman. Nah, berikut hal-hal yang perlu Anda persiapkan untuk buka kedai minuman.

1. Konsep Outlet / Kedai Minuman

Anda perlu membuat konsep kedai secara matang. Anda rencanakan kira-kira seperti apa outlet minuman yang ingin Anda dirikan, siapa pasarnya, di mana lokasinya, dan apa saja yang diperlukan untuk membangunnya.

Untuk konstruksi outlet sendiri, kami sarankan Anda untuk menjalin kerjasama dengan kontraktor atau agensi yang lebi paham dan bisa lebih bisa menyesuaikan desain kedai dengan budget yang Anda miliki.

2. Varian Menu

Hal yang sangat penting untuk usaha kedai minuman Anda ke depannya yaitu menu minuman apa yang Anda jual.

Anda bisa memilih untuk membuat menu baru yang belum pernah ada di pasaran atau mengikuti menu-menu yang sudah lebih dulu trend di pasaran.

Apabila Anda tidak mempunyai dasar membuat minuman, maka Anda bisa mengikuti kelas/kursus membuat minuman. Atau Anda bisa mengikuti tutorial online yang gratis dan tersedia berbagai platform seperi Youtube misalnya.

3. Peralatan dan Perlengkapan

Jika Anda sudah menentukan produk minuman apa saja yang hendak Anda jual, maka Anda bisa memilih peralatan dan perlengkapan apa yang Anda butuhkan.

Misal Anda menjual thai tea, maka setidaknya Anda memerlukan teko penyeduh teh, shaker, dan sebagainya. Anda juga perlu menyediakan mesin kasir, hingga alat kebersihan.

Alat dan perlengkapan pada umumnya dibagi menjadi 2 (dua), yaitu alat dan perlengkapan untuk mengelola produk dan alat untuk mendukung operasional. Silakan Anda tentukan sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

4. Karyawan

Untuk mengoperasikan sebuah kedai minuman secara optimal, setidaknya dibutuhkan lebih dari satu orang. Pada awal mula, Anda bisa merekrut karyawan atau bekerja sama dengan rekan Anda.

5. Operasional

Operasional usaha Anda pun perlu Anda rencanakan. Anda perlu membuat SOP (Standar Operasional Prosedur) yang jadi patokan operasional suatu usaha.

Misal, menentukan jam operasional, membuat standar dan tata cara untuk menyajikan minuman, standar penyimpanan bahan baku, hingga penempatan/tata letak bahan baku di outlet untuk efisiensi ruang dan waktu penyajian.

kedai minuman kekinian
header image by: www.instagram.com/witsarud

6. Pemasaran

Bagaimana Anda memperkenalkan produk Anda di pasar, dan bagaimana supaya orang-orang datang ke outlet Anda. Untuk Pemasaran, Anda dap[at menggunakan media sosial, baik secara gratis atau dengan cara beriklan.

Anda juga perlu menjalin kerjasama dengan Online Delivery Service (seperti GoFood dan Grab) dan Digital Payment (seperti OVO, GoPay, e-wallet lainnya), apalagi jika target pasar usaha Anda adalah milenial yang perlu kemudahan akses.

7. Izin/Legalitas

Untuk kepentingan legalitas, Anda juga perlu mengurus ijin usaha. Legalitas ini selain untuk alasan keabsahan juga menjadikan usaha Anda punya nilai tambah di mata konsumen.

8. Evaluasi dan Pengembangan

Supaya usaha kedai minuman Anda bisa berjalan dari waktu ke waktu, memiliki banyak konsumen dan menghasilkan laba, maka salah satu hal yang perlu Anda lakukan yaitu Evaluasi di tiap periode, dan untuk mengikuti trend pasar. Yang kedua, Anda pun bisa melakukan Pengembangan baik dari segi konsep usaha ataupun produk.

Tidak mau repot-repot dan langsung mau buka kedai minuman?

Jika Anda masih belum sepenuhnya memahami kebutuhan untuk membuka kedai minuman dan menginginkan kemudahan, Anda bisa menginvestasikan modal Anda dengan menjalin kerjasama dengan Franchisor.

Saat ini ada berbagai macam franchisor yang menyedikan kerjasama outlet minuman kekinian, salah satunya Muchomania.

Buka Kedai Bareng Mucho

Mucho menyediakan minuman coklat blender dengan aneka varian rasa dan topping.

Mucho membuka kemitraan untuk outlet minuman murah di bawah 10 juta dengan konsep franchise/waralaba.

Untuk mengjalin kerjasama franchise dengan Mucho, Anda dapat menghubungi Mucho di:

– Telp/WA: 0813-9009-7792
– WA Only: http://bit.ly/GabungMuchoWeb
– BBM: D9BC2C8F
– WEB: www.muchomania.com

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum buka kedai minuman kekinian dan semacamnya. Semoga membantu!!

header image by: www.instagram.com/witsarud

Mau Buka Kedai Minuman Kekinian, Simak Ini Dulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali ke Atas